Senin, 12 November 2007

Ponsel Baru di Era Broadband Nirkabel

Kesempatan bergengsi seperti yang terjadi di Barcelona, Spanyol, sekarang ini biasa dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk-produk perangkat telekomunikasi baru. Termasuk produk prototipe maupun prestasi kecepatan dari sebuah jaringan dipamerkan dalam kesempatan seperti ini.

Dalam pameran dan kongres ini, seperti perusahaan elektronik Jepang, NEC, memperkenalkan produk handset HSDPA. Untuk mengembangkan telepon seluler (ponsel) hasil evolusi 3G ini, perusahaan itu bekerja sama dengan operator 3G Jepang, NTT DoCoMo, untuk memenuhi harapan para pelanggannya dengan menggelar jaringan HSDPA pada kuartal kedua tahun ini.

Dengan akses berkecepatan tinggi itu diharapkan bisa mencapai kecepatan download maksimum 3,6 Mbps (megabit per detik), lebih cepat 10 kali lipat rata-rata terminal 3G sekarang ini. Dengan kemampuan ini ponsel bisa menarik data dengan volume besar dan bisa menjelajah internet dengan konten yang besar.

Dalam kesempatan ini NEC juga memperlihatkan ponsel kamera lipat tertipis di dunia, N412i dan model terakhir N500iS (i-mode). Ponsel lipat yang dikembangkan NEC masih ditujukan kepada konsumen 2,5 G yang dilengkapi kemampuan memainkan musik digital dan menyediakan memori yang besar.

Mutakhir

Selain itu, juga dipamerkan ponsel mutakhir yang memiliki kapasitas mobile TV khusus sinyal yang dipancarkan dari menara-menara BTS dan ponsel 3G/W-LAN untuk mengantisipasi aplikasi multimedia bergerak masa depan.

Samsung baru meluncurkan ponsel mobile TV untuk pertama kalinya bagi negara-negara di Eropa. Ponsel lipat SGH-P900 yang memiliki penerima T-DMB ini kembali ditampilkan dalam kongres 3GSM di Barcelona dan rencananya akan menjalani tes di Eropa dalam putaran final Piala Dunia sepak bola di Jerman musim panas tahun ini.

Sony Ericsson dalam peristiwa akbar ini memperkenalkan dua ponsel candybar baru yang berbeda kelas, ponsel 3G K610i dan ponsel entry level J100. Untuk K610i merupakan ponsel GSM yang dilengkapi dengan kapasitas UMTS 2100 berkamera 2 megapixel yang akan tersedia pada kuartal kedua tahun ini.

Sebelumnya, perusahaan Swedia-Jepang ini telah memperkenalkan ponsel smartphone M600i dan P990i yang juga didukung fasilitas push-email dan dilengkapi fasilitas seperti yang ada pada ponsel walkman. Ponsel M600i yang dispesifikasikan untuk komunikasi e-mail ini memiliki bentuk yang cukup tipis, hanya 1,5 cm, lengkap dengan kemampuan layar sentuh dan pengenalan tulisan tangan.

Sementara Motorola yang pada kesempatan ini melepaskan tidak kurang dari enam ponsel baru ternyata tidak satu pun yang memiliki kapasitas 3G. Justru kali ini mengeluarkan versi ponsel ekonomis yang sebagian merupakan hasil penyempurnaan dari produk sebelumnya.

Untuk jenis ponsel lipat diluncurkan tiga jenis, mulai dari quadband GSM A1200 yang memiliki kapasitas GPRS Class 10, juga terdapat W220 dan V195. Jenis itu masing-masing akan tersedia pada kuartal pertama, kedua, dan ketiga tahun ini.

Sementara versi candybar Motorola lebih bertumpu pada seri SLVR, mulai dari L2 yang ketebalannya hanya 1,09 cm. Berikutnya L6 dengan i-mode yang memiliki ketipisan yang sama dengan L2 dan L7 dengan i-mode yang sedikit lebih tebal, yaitu 1,15 cm. Belakangan ini Motorola memang lebih banyak mengembangkan aksesori, seperti kelengkapan bluetooth sampai produk yang mendukung ponsel musik.










Tidak ada komentar: